Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode demonstrasi dan metode diskusi dalam mata pelajaran kelas V SDN Bojong Rawa Lumbu VI Bekasi, kelas V semester II tahun pelajaran 2013/2014.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Instrumen penelitian berupa tes obyektif pilihan ganda dengan empat pilihan jawaban, sebelum diberikan kepada objek penelitian terlebih dahulu dilakukan uji coba instrumen yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Sampel penelitian ini meliputi 30 siswa kelas V-A dan 30 siswa kelas V-B yang diambil melalui sampel jenuh, yaitu semua populasi dijadikan sampel. Uji validitas dengan rumus Point Biserial Correlation didapat 20 soal yang valid dan 10 soal yang tidak valid, sedangkan uji reliabilitas tes 0,814 ini dihitung dengan rumus K-R 20 (Kuder dan Richardson).
Hasil pengujian normalitas menunjukkan bahwa diperoleh Ltabel pada taraf signifikan 𝛼𝛼=0,05 untuk n = 33 adalah 0,154 dan diperoleh pada kelas demonstrasi Lhitung = 0,138 sedangkan Ltabel pada taraf signifikan 𝛼𝛼=0,05 adalah 0,154 dan diperoleh pada kelas diskusi Lhitung = 0,138 maka kedua kelompok berdistribusi normal. Hasil pengujian homogenitas menunjukkan bahwa diperoleh Fhitung = 1,08 dan nilai Ftabel = 1,82 dengan taraf signifikan 𝛼𝛼=0,05. Karena Fhitung < Ftabel maka varians kedua kelompok adalah homogen. Setelah dilakukan uji persyaratan analisis data maka dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t maka diperoleh thitung sebesar 3,691 sedangkan ttabel pada taraf signifikan 𝛼𝛼=0,05 adalah 1,66933. Karena thitung lebih besar dari ttabel 3,691 > 1,66933 maka H0 ditolah dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan terdapat perbedaan metode demonstrasi dan metode diskusi terhadap hasil belajar PKn siswa SDN Bojong Rawa Lumbu VI Bekasi.
|