Abstrak  Kembali
Penelitian ini dilakukan di SDN Ciracas 05 Pagi Kelas V Semester I Tahun Ajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini sebanyak 30 siswa dan sampel yang digunakan ialah sampel jenuh sehingga sampel dalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas V di SDN Ciracas 05 Pagi. Penelitian ini menggunakan metode Post-test Only Control Desain yaitu untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh “rasa ingin tahu” sebagai salah satu pilar pendidikan karakter terhadap hasil belajar IPA. Instrumen penelitian berupa tes formatif sebanyak 30 pernyataan dengan empat pilihan jawaban. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Curiosity terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di SDN Ciracas 05 Pagi. Uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh thitung = 8,24 > 2,002 = ttabel pada α = 0,05 dan dk = 58. Ternyata thitung = 8,24 > 2,002 = ttabel. Dengan demikian hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di SDN Ciracas 05 Pagi Jakarta Timur.