Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode pembelajaran Course Review Horay dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas V A yang berjumlah 30 siswa dan kelas V B berjumlah 30 siswa. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Rawa Buaya 07 Pagi Jakarta Barat pada semester 2 Tahun ajaran 2013/2014. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif pendekatan Quasi Ekperimental Design dengan design Control-group postest only design. Pengumpulan data menggunakan tes objektif berupa pilihan ganda. Instrumen penelitian berupa tes butir soal pilihan ganda 40 soal dengan 4 pilihan jawaban. Uji validitas dengan rumus Korelasi Point Biserial didapat 30 soal yang valid dan 10 soal yang tidak valid, sedangkan uji reliabilitas dengan rumus KR-20 sebesar 0,81. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji normalitas hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa menggunakan uji Liliefors. Dari hasil perhitungan untuk kelas eksperimen diperoleh Lo= 0,0711 < Ltabel= 0,161, dan untuk kelas kontrol diperoleh Lo= 0,0869 < Ltabel=0,161, maka kedua data tersebut berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas diperoleh Fh=1,23 < Ft= 1,858. Maka Ho diterima, artinya kedua data berasal dari data yang homogen. Pengujian hipotesis menggunakan uji t. Dari hasil perhitungan didapat nilai thitung= 3,257 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikan α = 0,05 ialah 2,002. karena thitung = 3,257 >ttabel= 2,002, maka Ho ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan metode Course Review Horay terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas V SDN Rawa Buaya 07 Pagi Jakarta Barat.