Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode pembelajaran Course Review Horay dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas V A yang berjumlah 30 siswa dan kelas V B berjumlah 30 siswa. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Rawa Buaya 07 Pagi Jakarta Barat pada semester 2 Tahun ajaran 2013/2014. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif pendekatan Quasi Ekperimental Design dengan design Control-group postest only design. Pengumpulan data menggunakan tes objektif berupa pilihan ganda. Instrumen penelitian berupa tes butir soal pilihan ganda 40 soal dengan 4 pilihan jawaban. Uji validitas dengan rumus Korelasi Point Biserial didapat 30 soal yang valid dan 10 soal yang tidak valid, sedangkan uji reliabilitas dengan rumus KR-20 sebesar 0,81.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji normalitas hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa menggunakan uji Liliefors. Dari hasil perhitungan untuk kelas eksperimen diperoleh Lo= 0,0711 < Ltabel= 0,161, dan untuk kelas kontrol diperoleh Lo= 0,0869 < Ltabel=0,161, maka kedua data tersebut berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas diperoleh Fh=1,23 < Ft= 1,858. Maka Ho diterima, artinya kedua data berasal dari data yang homogen. Pengujian hipotesis menggunakan uji t. Dari hasil perhitungan didapat nilai thitung= 3,257 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikan α = 0,05 ialah 2,002. karena thitung = 3,257 >ttabel= 2,002, maka Ho ditolak dan H1 diterima.
Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan metode Course Review Horay terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas V SDN Rawa Buaya 07 Pagi Jakarta Barat.
|