Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga papan berpaku terhadap hasil belajar matematika dalam bangun datar. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Grogol Selatan 18 Pagi Kebayoran Lama Jakarta Selatan pada semester genap tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilakukan di SDN Grogol Selatan 18 Pagi Kebayoran Lama Jakarta Selatan Semester Genap Tahun Ajaran 2013/2014. Sampel peneliti meliputi 29 siswa kelas III A sebagai kelas Kontrol dan 29 siswa Kelas III B sebagai kelas Eksperimen. Instrument penelitian sebelumnya diujikan di SDN Grogol Selatan 17 Pagi Kebayoran Lama Jakarta Selatan kepada 58 siswa. Uji validitas instrument dengan menggunakan rumus Korelasi Point Biserial dengan hasil 25 soal valid dan 5 soal drop, sedangkan uji reliabilitas dengan rumus KR – 20 diperoleh rhitung = 1.016 > rtabel =0.334, maka instrument reliabel. Sebelum data dianalisis, dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas menggunakan uji Liliefors diperoleh pada kelas eksperimen thitung = 0.1255 < ttabel = 0.161, dan pada kelas Kontrol thitung = 0.131 < ttabel =0.161 maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Uji homogenitas digunakan uji Fisher diperoleh fhitung = 1.02 < ftabel = 1.88 maka dapat disimpulkan h0 ditolak dan h1 diterima, maka h0 diterima, artinya data bersifat homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji t-test diperoleh thitung = 4.22 > ttabel =1.883 pada 𝛼𝛼 = 0.05 dan dk=56. Maka thitung = 4.22 >ttabel =1.883 dengan demikian hipotesis penelitian diterima, yang menyatakan adanya pengaruh penggunaan alat peraga papan berpaku terhadap hasil belajar matematika dalam bangun datar. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Grogol Selatan 18 Pagi Kebayoran Lama Jakarta Selatan pada semester genap tahun ajaran 2013/2014.