Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar PKn siswa yang menggunakan metode pembelajaran Course Review Horay (CRH) Dengan Index Card Match (ICM) terhadap hasil belajar PKn Kelas IV di SDN Rawabuntu 1Tangerang Selatan.
Penelitian ini dilakukan di SDN Rawabuntu 1 Tangerang Selatan Kelas IV Semester II dengan menggunakan Metode quasi eksperimen dengan model kuantitatif. Sampel peneliti sebanyak 68 siswa, meliputi 32 siswa kelas IVA dan 36 siswa Kelas IVB di SDN Rawabuntu 1 Tangerang Selatan. Instrumen penelitian berupa tes obyektif pilihan ganda sebanyak 30 soal dengan empat pilihan jawaban.
Dari hasil uji normalitas pada perhitungan diperoleh harga Lo untuk kelas Index Card Match Lo < yaitu 0,0764 < 0,1566 sedangkan pengujian pada kelas Course Review Horay Lo < yaitu 0,0908< 0,1476. maka dapat disimpulkan sampel pada kedua kelas tersebut berdistribusi normal. Hasil perhitungan uji homogenitas diperoleh < yaitu 1,12 < 1,76. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan metode Course Review Horay (CRH) Dengan Index Card Match (ICM) terhadap hasil belajar PKn. Uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh = 2,515 pada taraf signifikasi α = 0,05 dengan derajat kebebasan (dk) = 66 seharga 1,67; karena lebih besar dari (2,515 >1,67).
Dari data yang telah di dapat di atas. Dengan demikian hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang mengunakan metode Course Review Horay (CRH) Dengan Index Card Match (ICM) terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SDN Rawabuntu 1 Tangerang Selatan
|