Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh
menggunakan strategi Active Learning Tipe Bowling Campus Terhadap Hasil
Belajar IPS Siswa Kelas IV pada materi teknologi masa kini dan masa sekarang
SDN Mekarsari 03 Tambun Selatan Bekasi.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah kuantitatif
Quasi Eksperimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design.populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVB (Kelas Kontrol yang tidak
diberikan Perlakukan menggunakan Strategi Active Learning tipe Bowling
Campus yang Berjumlah 33 Siswa) dan Siswa Kelas IVC (Kelas Eksperimen
yang diberikan Perlakuan menggunakan Strategi Active Learning tipe Bowling
Campus yang berjumlah 33 Siswa). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini
adalah sampling jenuh.Penelitian ini dilakukan di SDN Mekarsari 03 Tambun
Selatan Bekasi, dengan menggunakan 2 kelas, yaitu kelas IVB sebagai kelas
kontrol, dan kelas IVC sebagai kelas eksperimen.Sampel penelitian ini masing –
masing meliputi 33 siswa yang berasal dari kelas IVB dan IVC di SDN Mekarsari
03 Tambun Selatan Bekasi. Instrumen berupa tes obyektif 30 soal dengan 4
pilihan jawaban. Validitas tes dihitung dengan korelasi point biserial. Koefisiensi
reliabilitas tes dihitung dengan rumus KR-20
Uji normalitas hasil nilai post test menggunakan uji liliefors. Pada nilai
posttes di kelas kontrol diperoleh Lhitung 0, 142 Ltabel 0,154 pada α = 0,05 dan
nilai post tes kelas eksperimen diperoleh L hitung 0, 109 L tabel 0, 154 pada α =
0,05 pada kelas tersebut ternyata Lhitung< Ltabel , maka dapat disimpulkan sampel
tersebut berdistribusi normal. Uji homogenitas hasil tes menggunakan uji Fisher.
Di peroleh Fhitung 1,697 pada α = 0,05 dengan dk 32 yaitu 1,808, ternyata Fhitung <
Ftabel maka dapat disimpulkan sampel mempunyai kondisi homogen. Uji hipotesis
menggunakan uji t, diperoleh thitung = 2,448 ttabel= 1,998 pada α = 0,05 ternyata
thitung> t tabel maka H0 ditolak HI diterima.
Dari data yang sudah didapat seperti yang dicantumkan di atas, dengan
demikian dapat disimpulkan, bahwa terdapat pengaruh menggunakan strategi
Active Learning tipe Bowling Campus Terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan
Sosial siswa kelas IV pada materi teknologi masa kini masa sekarang SDN
Mekarsari 03 Tambun Selatan Bekasi.
|