Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh menggunakan strategi Active Learning Tipe Bowling Campus Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV pada materi teknologi masa kini dan masa sekarang SDN Mekarsari 03 Tambun Selatan Bekasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah kuantitatif Quasi Eksperimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design.populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVB (Kelas Kontrol yang tidak diberikan Perlakukan menggunakan Strategi Active Learning tipe Bowling Campus yang Berjumlah 33 Siswa) dan Siswa Kelas IVC (Kelas Eksperimen yang diberikan Perlakuan menggunakan Strategi Active Learning tipe Bowling Campus yang berjumlah 33 Siswa). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh.Penelitian ini dilakukan di SDN Mekarsari 03 Tambun Selatan Bekasi, dengan menggunakan 2 kelas, yaitu kelas IVB sebagai kelas kontrol, dan kelas IVC sebagai kelas eksperimen.Sampel penelitian ini masing – masing meliputi 33 siswa yang berasal dari kelas IVB dan IVC di SDN Mekarsari 03 Tambun Selatan Bekasi. Instrumen berupa tes obyektif 30 soal dengan 4 pilihan jawaban. Validitas tes dihitung dengan korelasi point biserial. Koefisiensi reliabilitas tes dihitung dengan rumus KR-20 Uji normalitas hasil nilai post test menggunakan uji liliefors. Pada nilai posttes di kelas kontrol diperoleh Lhitung 0, 142 Ltabel 0,154 pada α = 0,05 dan nilai post tes kelas eksperimen diperoleh L hitung 0, 109 L tabel 0, 154 pada α = 0,05 pada kelas tersebut ternyata Lhitung< Ltabel , maka dapat disimpulkan sampel tersebut berdistribusi normal. Uji homogenitas hasil tes menggunakan uji Fisher. Di peroleh Fhitung 1,697 pada α = 0,05 dengan dk 32 yaitu 1,808, ternyata Fhitung < Ftabel maka dapat disimpulkan sampel mempunyai kondisi homogen. Uji hipotesis menggunakan uji t, diperoleh thitung = 2,448 ttabel= 1,998 pada α = 0,05 ternyata thitung> t tabel maka H0 ditolak HI diterima. Dari data yang sudah didapat seperti yang dicantumkan di atas, dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa terdapat pengaruh menggunakan strategi Active Learning tipe Bowling Campus Terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas IV pada materi teknologi masa kini masa sekarang SDN Mekarsari 03 Tambun Selatan Bekasi.