Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatife tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap kemampuan mengapresiasi cerita fiksi di kelas V SDN kota baru 1 Bekasi Barat. Populasi penelitian ini adalah 65 orang siswa kelas V dari kelas a dan b. Sampel penelitian 60 orang siswa, dari kelas Va diambil 30 orang siswa, sedangkan dari kelas Vb diambil 30 orang siswa ditentukan dengan sampel random sampling. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Variabel bebas: Model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Variabel terikat: kemampuan mengapresiasi cerita fiksi.Pada penelitian ini instrumen yang digunakan adalah tes tertulis. Pengujian validitas instrumen dalam penelitian ini menggunakan pengujian validitas konstrak (construct validity). Untuk pengujian validitas konstrak, dapat digunakan pendapat dari ahli (judgement expert). Validitas ini dilakukan menggunakan konsultasi 2 orang ahli. Dari hasil pengujian normalitas untuk data kelas kontrol diperoleh nilai Lhitung0,136, Ltabel untuk n = 30 dengan taraf signifikanα = 0,05 adalah 0,161dan kelas eksperimen di peroleh Lhitung = 0,151, Ltabel untuk n = 30 dengan taraf signifikan α = 0,05 adalah 0,161. Lhitung ˂ Ltabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua data dari kemampuan mengapresiasi cerita fiksi tersebut berdistribusi normal.Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji-t, dari perhitungannya didapat thitung = 3,182 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikan α = 0,05 ialah 2,0399 yang berarti thitung ˃ ttabel yang menyatakan H0 ditolak dan H1 diterima. Ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol terhadap kemampuan mengapresiasi cerita fiksi di kelas V SDN Kota Baru 1 Bekasi Barat. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap kemampuan mengapresiasi cerita fiksi di kelas V SDN Kota Baru 1 Bekasi Barat.