Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya Pengaruh Metode CIRC terhadap keterampilan membaca siswa. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah “Terdapat pengaruh Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap keterampilan membaca siswa”. Penelitian ini menggunakan metode desain eksperimen semu (Quasi Experimental Design). Sampel penelitian berjumlah 60 siswa yang terdiri 30 siswa kelas V A sebagai kelas kontrol dan 30 siswa kelas V B sebagi kelas eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh. Penelitian ini sebelum diberikan kepada objek penelitian terlebih dahulu dilakukan uji coba instrumen yaitu uji validitas dan reliabilitas. Uji validitas dengan rumus product moment didapat 8 soal yang valid dan 5 soal yang tidak valid, sedangkan uji reliabilitas dengan rumus Alpha. Sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas menggunakan uji Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Fisher. Pada kelompok sebelum diberi perlakuan, pengujian normalitas didapat Lhitung = 0,0890 dan kelompok setelah diberi perlakuan didapat Lhitung = 0,1071 sedangkan Ltabel = 0,161. Karena pada kedua kelompok Ltabel > Lhitung, dengan demikian Ho diterima yang berarti data tersebut berdistribusi normal. Uji homogeitas diperoleh Fhitung= 1,009 dengan Ftabel = 1,858 dk pembilang = 29 dan dk penyebut = 29, karena Fhitung < Ftabel, maka disimpulkan variansi kedua kelompok sama, berarti sampel berasal dari populasi yang homogen. Uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh thitung = 5,172 pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan derajat kebebasan (dk) 58 didapat ttabel = 2,003. Karena thitung > ttabel maka H0 ditolak. Dengan demikian H1 diterima yang menyatakan bahwa ada pengaruh Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap keterampilan membaca siswa. Dengan metode CIRC, peserta didik akan lebih termotivasi dan turut aktif dalam proses pembelajaran sehingga memudahkan peserta didik untuk menerima materi yang hendak disampaikan