Abstrak  Kembali
Penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen, dimana menggunakan desain penelitian eksperimen dan kontrol jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 76 siswa. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Sebelum instrument dilakukan peneliti menggunakan uji validitas dan reabilitas. Uji validitas dengan rumus poin biserial correlation berupa tes obyektif pilihan ganda 40 soal didapat 30 soal yang valid dan 10 soal yang tidak valid, sedangkan uji reabilitas dengan rumus KR-20. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya perbedaan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode Concept Attainment dan metode Mind Mapp. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Variabel Bebas: metode Concept Attainment dan metode Mind Map., variabel terikat: hasil belajar, belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini dilakukan di SDN Ciracas 07 Pagi Jakarta Timur kelas III pada semester ganjil tahun ajaran 2014-2015. Sampel yang diteliti sebanyak 76 siswa. Uji instrument dengan uji validitas dan uji reabilitas. Uji validitas dengan korelasi point biserial didapat 30 soal yang valid dan 10 tidak valid. Uji reabilitas dengan K-R 20 didapat rhitung > rtabel (0,870>0,361), maka instrument reliable. Uji normalitas menggunakan Uji Lilliefors. Untuk kelas Kontrol didapat Lhitung = 0,101 < 0,144= L(0,05,38), sedangakan kelas Eksperimen didapat Lhitung = 0,125 < 0,144= L(0,05,38), maka dapat disimpulkan bahwa kedua sampel berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan uji Fisher, diperoleh Fhitung = 1,072 < 1,725 = F0,05(37,37), dapat disimpulkan sampel kedua data tersebut berasal dari populasi yang homogen. Rata-rata skor kelas Kontrol didapat sebesar 67,79 dan rata-rata skor untuk kelas Eksperimen sebesar 83,28 Pengujian hipotesis menggunakan uji-t, didapat thitung = 6,297 > 2,000 = t(0,05,74) ,dengan taraf signifikan α = 0,05. Hal ini berarti tolak ,maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa yang diajarkan dengan metode Concept Attainment dan metode Mind Mapp.