Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh Metode Creative Problem Solving terhadap Hasil Belajar IPS SDN Pondok Kacang Timur 01 Tangerang Selatan. Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilakukan di SDN Pondok Kacang Timur 01 Kelas IV Semester II tahun ajaran 2013/2014. Metode pembelajaran yang peneliti digunakan adalah Metode Creative Problem Solving. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis pendekatan “quasi eksperimental” dan desain The Mathcing Only Post-test Control Grop Desain. Populasi penelitian ini meliputi 60 siswa dengan menggunakan sampel jenuh yang berasal dari kelas IV A 30 siswa dan IV B 30 siswa di SDN Pondok Kacang Timur 01. Instrumen penelitian berupa tes yang dihitung dengan menggunakan rumus Korelasi Point Biserial. Koefisiensi reliabilitas tes didapat 0,872 ini dihitung dengan menggunakan rumus KR-20 (Kuder Richhardson). Dari tes hasil belajar yang dibagikan kepada siswa kelas IV dapat diperoleh hasil belajar IPS mengalami peningkatan. Dengan menggunakan penghitungan statistik data yang diperoleh uji normalitas hasil belajar IPS menggunakan uji Liliefors. Pada kelas eksperimen diperoleh 𝐿𝐿ℎ𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖 lebih kecil dari 𝐿𝐿𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡 (0,155 < 0,161) pada α = 0,05 maka dengan demikian populasi berdistribusi normal. Penghitungan normalitas kelompok yang tidak menggunakan metode pembelajaran creative problem solving didapat 𝐿𝐿ℎ𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖 lebih kecil dari 𝐿𝐿𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡 (0,126 < 0,161) pada α = 0,05 maka dengan demikian populasi distribusi normal. Uji homogenitas hasil belajar IPS menggunakan uji fisher. Diperoleh 𝐹𝐹ℎ𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖 = 1,278 < 1,841 pada α = 0,05 dengan dk pembilang 29 dan dk penyebut 29 yaitu 1,58 maka sampel mempunyai kondisi homogen. Uji homogenitas menggunakan uji t, diperoleh 𝑡ℎ𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖= 6,011 > 2,021 pada α = 0,95 dan dk 75. Ternyata 𝑡ℎ𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖= 6,011 > 2,021 = 𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑙 . Maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Metode Creative Problem Solving terhadap Hasil Belajar IPS SDN Pondok Kacang Timur 01