Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar bahasa Indonesia siswa menggunakan model pembelajaran Sosiodrama dan model Role Playing. Penelitian ini dilakukan di SDN Cibubur 10 Pagi pada semester genap tahun ajaran 2013/2014. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen True Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian terdiri dari 30 siswa pada kelas Sosiodrama dan 30 siswa pada kelas Role Playing. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen tes dalam penelitian berupa tes objektif yang terdiri dari 30 soal pilihan ganda dengan 4 option jawaban yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai rata-rata X1 = 81,77 dan nilai rata-rata X2 = 75,10. Setelah itu dilakukan perhitungan uji-t, lalu thitung diperoleh sebesar 2,194. Dengan dk sebesar 58(30+30-2), maka diperoleh ttabel pada taraf signifikan α = 0,05 sebesar 2,002. Karena thitung > ttabel, maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar bahasa Indonesia dengan menggunakan model Sosiodrama dan model Role Playing pada siswa kelas IV di SDN Cibubur 10 Pagi. Penelitian ini juga memiliki beberapa manfaat yaitu diantaranya membantu para guru dalam memberikan alternatif untuk menentukan model pembelajaran yang sesuai dalam pembelajaran bahasa Indonesia di dalam kelas, serta guru dapat meningkatkan kualitas mengajarnya dengan taraf kemampuan siswa yang berbeda-beda. Peneliti juga berharap, hasil penelitian ini akan berguna untuk menambah pengetahuan dan wawasan dalam hal penerapan model pembelajaran yang tepat untuk menyajikan mata pelajaran bahasa Indonesia disekolah.