Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh penggunaan Media Word Card terhadap hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SDN Palmeriam 02 Petang Jakarta Timur.
Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen, dengan pedeketan kuantitatif. Variabel bebas: media word card. Variabel terikat: hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Palmeriam 02 Petang kelas IV pada semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015. Populasi dalam peneliian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Palmeriam 02 Petang yang berjumlah 40 orang siswa, terdiri dari kelas IVA dan IVB. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sampling jenuh dengan pertimbangan bahwa sekolah SDN Palmeriam 02 Petang hanya memiliki dua kelas, yaitu kelas IVA sebagai kelas kontrol dan kelas IVB sebagai kelas Media eksperimen. Instrumen penelitian terlebih dahulu diuji cobakan di SDN Harapan Baru 03 Bekasi kepada 30 siswa. Uji validitas instrumen dengan menggunakan rumus Korelasi Point Biserial dengan hasil 30 soal valid dan 10 soal yang tidak valid, sedangkan uji reliabilitas dengan rumus KR-20 diperoleh rhitung = 0,764 > rtabel = 0,361, maka instrumen reliabel.
Uji normalitas menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Fisher. Pada kelas eksperimen pengujian normalitas didapat χ²hitung = 0,0944 < 0,190 = χ²tabel dan kelas kontrol χ²hitung = 0,1514 < 0,190 = χ²tabe ldengan taraf signifikansi α = 0,05 dan n = 40 maka dapat disimpulkan, data kedua kelompok tersebut berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas diperoleh Ftabel < Fhitung = (2,14 < 2,15) dengan taraf signifikansi α = 0,05, dkpembilang = 19 dan dkpenyebut = 19, maka disimpulkan varians kedua kelompok homogen.
Uji hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh nilai thitung = 2,49 > 1,6974 = ttabel dengan taraf signifikansi α = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) 38. Oleh karena itu thitung > ttabel maka H0 ditolak. Ini berarti hipotesis penelitian (H1) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar PKn siswa yang diajarkan dengan media Word Card.
|