Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Pembelajaran IPA di Kelas V. Penggunaan Media Liquid Crystal Display ( LCD ) proyektor adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran IPA dan untuk mengatasi masalah-masalah yang menghambat peningkatan aspek tersebut, seperti guru hanya menggunakan media konvensional yaitu, guru hanya menggunakan panduan buku untuk menyampaikan materi.
Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Prosedur pelaksanaannya mengacu pada model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart di mana pada setiap siklusnya terdiri dari empat kegiatan pokok yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah peserta didik SDN Lagoa 11 Pagi kelas V tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 33 siswa, terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Tehnik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah dengan menggunakan post test dan lembar observasi yang diisi oleh observer sebagai kolaborator untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa serta interkasi guru dengan siswa maupun siswa dengan siswa, dan untuk melengkapi data tersebut digunakan catatan lapangan dan bukti dokumentasi.
Berdasarkan hasil tes yang telah dilakukan siswa diperoleh banyaknya peserta didik yang mencapai KKM. Pada siklus I nilai rata – rata siswa 62,9 dan pada siklus II nilai rata – rata siswa yaitu 81,52 Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Liquid Crystal Display ( LCD ) proyektor berhasil meningkatkan kemampuan dalam pembelajaran IPA di kelas V SDN
|