Abstrak  Kembali
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar matematika dengan metode group investigasi berbantuan ICT dan lembar kerja pada siswa kelas V SDN Pancoran 09 Pagi Jakarta Selatan. Penelitian ini dilakukan di SDN Pancoran 09 Pagi Jakarta Selatan, kelas V pada bulan Januari 2014 semester II tahun ajaran 2013/2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Pre-eksperimental. Desain penelitian yang digunakan adalah Posttest-Only Control Design. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Pancoran 09 Pagi. Sampel dipilih menggunakan metode sampling purposive, dengan demikian sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA yang berjumlah 30 orang dan VB yang berjumlah 30 orang. Instrumen penelitian ini menggunakan tes dengan bentuk pilihan ganda. Validitas dalam penelitian ini yaitu diperoleh 25 soal valid, sedangkan uji reliabilitas diperoleh rhitung>rtabel = 0,789> 0,312. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t diperoleh thitung>ttabel atau 3,787 > 2,002, maka dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematikadengan metode group investigasi berbantuan ICT dan lembar kerja pada siswa kelas V SDN Pancoran 09 Pagi Jakarta Selatan