Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV SDN Tugu Utara 05 Pagi Jakarta Utara.
Penelitian ini dilakukan di SDN Tugu Utara 05 Pagi 01 kelas IV A dan kelas IV B semester II tahun pelajaran 2013/2014. Model pembelajaran yang penulis gunakan adalah Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Pair Share. Sampel penelitian ini meliputi kelas IV A dengan jumlah siswa 31 orang dan kelas IV B dengan jumlah siswa 31 orang di SDN Tugu Utara 05 Pagi. Instrumen penelitian berupa tes objektif pilihan ganda sebanyak 25 soal dengan empat pilihan jawaban A, B, C, dan D. Validitas tes dihitung dengan menggunakan rumus korelasi point biserial. Koefisien reliabilitastes 0,909 ini dihitung dengan rumus KR 20 (Kuderdan Richardson).
Uji normalitas hasil belajar PKn siswa menggunakan uji Lilliefors. Dari hasil penelitian perhitungan normalitas untuk kelas eksperimen yang menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Pair Share didapat nilai Lo lebih kecil dari Ltabel (0,0803 < 0,1591) pada α 5%, maka dengan demikian sampel berdistribusi normal. Perhitungan normalitas untuk kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran ceramah didapat nilai Lo lebih kecil dari Ltabel (0,1005 < 0,1591) pada α 5%, maka dengan demikian sampel berdistribusi normal. Uji homogenitas hasil belajar PKn siswa menggunakanuji fisher. Diperoleh Fhitung= 1,39 1,67 = ttabel. Pada α 0,05 dan dk = 60. Ternyata thitung = 1,98 > 1,67 = ttabel. Maka disimpulkan bahwa tedapat Disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe think pair share terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Tugu Utara 05 Pagi Jakarta Utara.
|