Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya perbedaan hasil belajar IPA siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode Teams Games Tournaments dengan metode Numbered Head Together. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Variabel bebas: metode Teams Games Tournaments dan metode Numbered Head Together. Variabel terikat: hasil belajar IPA. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sukasari 01 Bekasi kelas IV pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014. Populasi terjangkau sebanyak 59 siswa yang terdiri dari 29 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Hipotesis penelitian: terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPA siswa yang menggunakan metode pembelajaran Teams Games Tournament dan Numbered Head Together di kelas IV SDN Sukasari 01 Bekasi. Uji instrumen dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas dengan Korelasi Point Biserial didapat 20 soal yang valid dan 10 soal tidak valid. Uji reliabilitas dengan K-R 20 didapat r hitung = 0,775 > r(0,05,32) = 0,349, maka instrument dinyatakan reliabel. Uji normalitas dengan uji liliefors. Untuk kelas yang diberi perlakuan dengan metode Teams Games Tournament didapat = 0,1151, sedangkan untuk kelas yang diberi perlakuan dengan metode Numbered Head Together didapat = 0,1005. Harga Ltabel pada taraf signifikan α = 0,05 untuk n = 29, maka L(0,05,29) adalah 0,1748. Karena pada kelas yang diberi perlakuan dengan metode Teams Games Tournament dan kelas yang diberi metode Numbered Head Together lebih kecil dari L(0,05,29), maka dapat disimpulkan bahwa data kedua kelas tersebut berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan uji Fisher, diperoleh = 1,041 < 1,863 = , dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sampel kedua data tersebut berasal dari populasi yang homogen . Rata-rata skor kelas eksperimen didapat 15,878 dan ratarata skor kelas kontrol sebesar 14,9. Pengujian Hipotesis dengan uji-t, didapat (3,255 > 2,003), dengan taraf signifikan 0,05. Hal ini bertolak dengan Maka Peneliti menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Sukasari 01 Bekasi antara metode Teams Games Tournaments dengan metode Numbered Head Together.