Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya perbedaan
hasil belajar IPA siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode Teams
Games Tournaments dengan metode Numbered Head Together.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi
eksperimen. Variabel bebas: metode Teams Games Tournaments dan metode
Numbered Head Together. Variabel terikat: hasil belajar IPA. Penelitian ini
dilaksanakan di SDN Sukasari 01 Bekasi kelas IV pada semester genap tahun
pelajaran 2013/2014. Populasi terjangkau sebanyak 59 siswa yang terdiri dari 29
siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Hipotesis penelitian: terdapat
perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPA siswa yang menggunakan
metode pembelajaran Teams Games Tournament dan Numbered Head Together di
kelas IV SDN Sukasari 01 Bekasi. Uji instrumen dengan uji validitas dan uji
reliabilitas. Uji validitas dengan Korelasi Point Biserial didapat 20 soal yang valid
dan 10 soal tidak valid. Uji reliabilitas dengan K-R 20 didapat r hitung = 0,775 >
r(0,05,32) = 0,349, maka instrument dinyatakan reliabel.
Uji normalitas dengan uji liliefors. Untuk kelas yang diberi perlakuan
dengan metode Teams Games Tournament didapat = 0,1151, sedangkan
untuk kelas yang diberi perlakuan dengan metode Numbered Head Together
didapat = 0,1005. Harga Ltabel pada taraf signifikan α = 0,05 untuk n = 29,
maka L(0,05,29) adalah 0,1748. Karena pada kelas yang diberi perlakuan
dengan metode Teams Games Tournament dan kelas yang diberi metode
Numbered Head Together lebih kecil dari L(0,05,29), maka dapat disimpulkan
bahwa data kedua kelas tersebut berdistribusi normal. Uji homogenitas
menggunakan uji Fisher, diperoleh = 1,041 < 1,863 = , dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa sampel kedua data tersebut berasal dari
populasi yang homogen . Rata-rata skor kelas eksperimen didapat 15,878 dan ratarata
skor kelas kontrol sebesar 14,9. Pengujian Hipotesis dengan uji-t, didapat (3,255 > 2,003), dengan taraf signifikan 0,05. Hal ini bertolak
dengan
Maka Peneliti menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan
pada hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Sukasari 01 Bekasi antara metode
Teams Games Tournaments dengan metode Numbered Head Together.
|