Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh karakter terhadap hasil belajar PKn di kelas III SDN Ciracas 06 pagi jakarta timur.
Penelitian ini dilakukan di SDN Ciracas 06 Pagi Jakarta Timur. Sampel penelitian ini adalah seluruh murid kelas III. Instrumen penelitian ini menggunakan angket karakter dan melihat dari hasil raport PKn kelas III. Angket berisikan mengenai Karakter, lalu melihat dari hasil raport PKn kelas III SDN Ciracas 06 Pagi. Validitas dihitung dengan Product Moment yaitu angket Karakter diperoleh 26 pernyataan valid, Sedangkan uji reliabilitas dihitung dengan rumus alpha. Angket karakter diperoleh 𝑟𝑟ℎ𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖>𝑟𝑟𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡 = 0,9947 > 0,316 dinyatakan reliable.
Uji normalitas pada hasil angket karakter dan hasil belajar PKn menggunakan uji liliefors. Pada hasil angket karakter diperoleh 𝐿𝐿ℎ𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖 = 0,1190 𝐿𝐿𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡 = 0,141 pada 𝛼𝛼 = 0,05 dan pada hasil belajar PKn diperoleh 𝐿𝐿ℎ𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖 = 0,062 𝐿𝐿𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡 = 0,141 pada 𝛼𝛼 = 0,05. Pada kedua hasil tersebut ternyata 𝐿𝐿ℎ𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖<𝐿𝐿𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡, maka dapat disimpulkan kedua sampel tersebut berdistribusi normal. Uji homogenitas hasil angket menggunakan uji Fisher. Diperoleh 𝐹𝐹ℎ𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖 = 1,20 pada 𝛼𝛼 = 0,05 dengan dk pembilang 38 dan dk penyebut 38 yaitu 1,71 ternyata 𝐹𝐹ℎ𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖<𝐹𝐹𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡 maka dapat disimpulkan sampel mempunyai kondisi homogen. Uji hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh 𝑡ℎ𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖 = 2,43 𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡 1,567 pada 𝛼𝛼 = 0,05 ternyata 𝑡ℎ𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖>𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡 maka 𝐻𝐻0 ditolak 𝐻𝐻1 diterima.
Dari penelitian yang sudah didapat seperti yang dicantumkan di atas, dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa terdapat pengaruh karakter terhadap hasil belajar PKn di kelas III SDN Ciracas 06 Pagi Jakarta Timur.
|