Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran stenografi matematika dengan hasil belajar matematika kelas II SDN Bambu Apus 03 Pagi. Hipotesis yang diajukan adalah”Terdapat pengaruh antara strategi pembelajaran stenografi matematika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II SDN Bambu Apus 03 Pagi Jakarta Timur pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014. Metode penelitian menggunakan desain Quasi Eksperimen, populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Bambu Apus 03 Pagi Jakarta Timur. Sampel diambil menggunakan sampel jenuh. Peneliti menggunakan seluruh sampel yang ada sebanyak 69 siswa. Instrument dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar siswa. Strategi pembelajaran matematika (variable X) dan hasil belajar matematika (variable Y) menggunakan tes hasil belajar sebanyak 30 soal, instrument soal diuji cobakan di SDN Makasar 03 Pagi yang berjumlah 37 siswa. Diuji cobakan untuk mendapatkan soal yang valid dan reliabel agar layak digunakan. Uji validitas menggunakan rumus point biserial. Hasil uji validitasnya diperoleh 20 soal yang valid, dan 20 soal tersebut diuji reliabelnya menggunakan rumus KR20, hasilnya didapat r11 sebesar 0,56 yang lebih besar dari pada rtabel sebesar 0,325 yang berarti 20 soal tersebut reliabel. Hasil uji prasyarat analisis data yaitu uji normalitas dengan uji lilliefors, uji homogenitas dengan uji Fisher, dan uji hipotesis menggunakan uji t. Dari hasil pengujian normalitas pada kelas eksperimen terdapat Lo sebesar 0,1133 yang lebih kecil dari pada Ltabel sebesar 0,1496. Dan uji lilliefors pada kelas kontrol Lhitung sebesar 0,143 yang lebih kecil dari pada Ltabel sebesar 0,1519. Hal ini berarti kedua sampel tersebut berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Hasil perhitungan pengujian homogenitas diperoleh Fhitung sebesar 0,11 < Ftabel sebesar 1,8, hal ini dapat disimpulkan kedua data tersebut bersifat homogen. Dan hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh thitung sebesar 9,76 yang lebih besar dari ttabel sebesar 1,668. Maka Ho ditolak, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh startegi pembelajaran stenografi matematika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II SDN Bambu Apus 03 Pagi Jakarta Timur.