Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran Micro Play Centre terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Lubang Buaya 12 Pagi Jakarta Timur pada semester 2 tahun ajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini berjumlah 30 orang siswa yang seluruhnya diteliti. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh dengan istilah sensus. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Sampel penelitian ini meliputi 30 siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t dan diperoleh thitung ≥ ttabel (3,250 ≥ 1,671), yang berarti H0 ditolak. Oleh karena itu, hasil penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Micro Play Centre terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV di SDN Lubang Buaya 12 Pagi Jakarta Timur.