Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh
penggunaan model pembelajaran Micro Play Centre terhadap hasil belajar Bahasa
Indonesia siswa kelas IV. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Lubang Buaya 12
Pagi Jakarta Timur pada semester 2 tahun ajaran 2014/2015. Populasi penelitian
ini berjumlah 30 orang siswa yang seluruhnya diteliti. Teknik sampling yang
digunakan adalah teknik sampling jenuh dengan istilah sensus. Penelitian ini
menggunakan metode quasi eksperimen. Sampel penelitian ini meliputi 30 siswa
kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t dan
diperoleh thitung ≥ ttabel (3,250 ≥ 1,671), yang berarti H0 ditolak. Oleh karena itu,
hasil penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model
pembelajaran Micro Play Centre terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa
kelas IV di SDN Lubang Buaya 12 Pagi Jakarta Timur.
|