Abstrak  Kembali
SITTA SEKARING PAMUNGKAS. NIM: 1001045172. "Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Metode Think Pair Share Siswa Kelas V SDN Mangga Besar 01 Pagi Jakarta Barat". Skripsi. Jakarta: FKIP Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka,2014. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pelajaran IPA dengan mengguanakan metode Think Pair Share pada siswa kelas V SDN Mangga Besar 01 Pagi Jakarta Barat tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini yang mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggart, yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dua siklus tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Mangga Besar 01 Pagi Jakarta Barat, dengan jumlah siswa 22 orang yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah berupa tes hasil belajar, obeservasi dan catatan lapangan yang diisi oleh kolaborator. Sebelum melakukan penelitian, peneliti membuat target indikator keberhasilan 80% dari siswa kelas V mendapatkan nilai >70.00 dengan nilai rata-rata kelas sebesar 70.00. Jika tindakan tidak dilanjutkan ke siklus berikutnya. Berdasarkan data hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata hasil belajar IPA dengan menggunakan metode Think Pair Share pada siklus I sebesar 70,5 dan persentase pencapaian KKM sebesar 77,3%. Sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 82,7 dan persentase pencapaian KKM sebesar 100%. Berdasarkan data tes evaluasi siklus I dan siklus II telah terjadi peningkatan, dari siklus I dan II rata-rata kelas meningkat 22,7%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN Mangga Besar 01 Pagi Jakarta Barat.