Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh Hasil Belajar Matematika Siswa Yang Belajar dengan Model Pembelajaran Time Token pada kelas V SDN 7 Wanaherang Bogor. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah : “Terdapat pengaruh model pembelajaran time token terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 7 Wanaherang Bogor”. Penelitian ini dilakukan di gugus Wanaherang desa Wanaherang kecamatan Gunungputri kabupaten Bogor. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode pre-experimental. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 37 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh, maka semua populasi digunakan sebagai sampel yaitu sebanyak 37 siswa. Instrumen berupa tes obyektif 20 soal dengan 4 pilihan jawaban. Validitas tes dihitung dengan korelasi Point Biserial. Koefisiensi reliabilitas dihitung dengan rumus KR-20. Uji normalitas hasil tes menggunakan Liliefors. Pada kelas eksperimen sebelum perlakuan (pre-test) diperoleh Lo = 0,098 Ltabel = 0,1457 pada α = 0,05 dan kelas eksperimen sesudah perlakuan (post-test) diperoleh Lo = 0,1179 Ltabel = 0,1457 pada α = 0,05. Pada kedua kelas tersebut ternyata Lo < Ltabel maka dapat disimpulkan kedua sampel tersebut berdistribusi normal. Uji homogenitas hasil tes menggunakan uji Fisher. Diperoleh Fhitung = 1,51 pada signifikasi α = 0,05 dengan dk pembilang 36 dan dk penyebut 36 didapat Ftabel = 1,78 ternyata Fhitung < Ftabel maka dapat disimpulkan kedua sampel homogen. Hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan Uji-t, diperoleht thitung = 9,65 dan ttabel = 1,658 pada α = 0,05 ternyata thitung > ttabel maka H0 ditolak H1 diterima. Dari data yang sudah didapat seperti yang dicantumkan di atas dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa terdapat pengaruh Hasil Belajar Matematika dari Siswa yang Belajar dengan Model Pembelajaran Time Token di kelas V SDN 7 Wanaherang.