Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika dengan media bujur sangkar ajaib di Sekolah Dasar Negeri Kebon Pala 12 Pagi Jakarta Timur, Kelurahan Kebon Pala, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, khususnya kelas III. Metode Penelitian Tindakan Kelas Stephen Kemmis dan Robin Mc Taggart sebanyak dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III yaitu sebanyak 29 orang siswa sesuai dengan jumlah siswa yang ada dalam satu kelas. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi , tes formatif dan dokumentasi .
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan media bujur sangkar ajaib pada setiap siklusnya ada dan mengalami peningkatan dari rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I 6,93, dan 8,75 pada siklus II, sehingga dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minmal. Keberhasilan penggunaan media bujur sangkar ajaib dalam pembelajaran yang dilakukan guru mempengaruhi peningkatan hasil belajar Menghitung pada pelajaran Matematika siswa kelas III. Penggunaan media bujur samgkar ajaib dalam pembelajaran Matematika membuat siswa dapat berpikir secara keseluruhan dan utuh. Sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna dan menarik. Dari hasil pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas melalui siklus I samapai dengan siklus II, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media bujur sangkar ajaib pada pembelajaran Matematika terjadi peningkatan hasil belajar berhitung siswa di SDN Kebon Pala 12 Pagi Jakarta Timur.
|