Abstrak  Kembali
EVIANA ANGGRAENI. NIM: 1001135020. Perbandingan Hasil Belajar IPA Berkonten Fisika Antara Model Quantum Learning dengan Model Genius Learning Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 228 Jakarta. Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jakarta: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan pembelajaran IPA antara menggunakan Model Quantum Learning dengan Model Genius Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Pada Kelas VIII Materi Gerak Pada Benda Di SMP Negeri 228 Jakarta. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 228 Jakarta pada kelas VIII Semester ganjil pada Materi Gerak Pada Benda. Metode penelitian menggunakan Quasi Eksperiment dan desain penelitian Non Randomized Control Group Pretest-Posttest Design. Penelitian menggunakan teknik purpossive sampling dengan sampel 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa tes obyektif yaitu pilihan ganda 35 soal yang valid dan reliabel menggunakan (KR-20), Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Uji normalitas dengan uji Liliefors taraf 0,05 dan homogenitas dengan uji Bartlett. Normalitas kelas eksperimen Lo = 0,2483 < Lt= 0,337 pada taraf signifikan berdistribusi normal. Normalitas kelas kontrol Lo= 0,127 < Lt= 0,337 pada taraf signifikan berdistribusi normal. Homogenitas kelas eksperimen < maka data berasal dari populasi yang homogen. Sedangkan homogenitas kelas kontrol < maka data berasal dari populasi yang homogen. Berdasarkan nilai rata-rata yang didapat hasil belajar IPA siswa pada materi Gerak Pada Benda yang diterapkan model pembelajaran Quantum Learning (dikelas VIII.C) sebesar 85,5, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar IPA siswa pada materi Gerak Pada Benda yang diterapkan model pembelajaran Genius Learning (dikelas VIII.F) sebesar 59,4. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Learning lebih baik dibandingkan dengan penerapan model pembelajaran Genius Learning. Kata kunci: Quantum Learning, Genius Learning hasil belajar.