MUDAMMIROTUL ASHNAM. NIM: 101135039. Pengaruh Strategi
Memori dalam Bentuk Rehearsal terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa
kelas X MIA 1 di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Mauk.Skripsi. Jakarta:
FKIP Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. 2014.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh
Strategi Memori dalam Bentuk Rehearsal terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa kelas X MIA 1 di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Mauk.
Dimana design eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Pre Experimental Design (eksperimen yang dianggap belum baik) dalam
bentuk One Group Pre-test – Post-test Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Mauk.Sampel
penelitian sebanyak 40 siswa pada kelas eksperimen.Teknik pengambilan sampel ditentukan dengan Purposive Sampling (Penarikan Sampel Secara Sengaja) karena teknik penentuan sampel untuk tujuan tertentu saja dan serepresentatif mungkin.
Hasil analisis data penelitian ini menggungkapkan, bahwa dari hasil uji
signifikansi data, didapatkan nilai thitung adalah 2,20, sedangkan ttabel = 1,684. Sehingga didapatkan thitung> ttabel. Berdasarkan kriteria pengujian yang telah ditetapkan maka H0 ditolak atau Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Strategi Memori dalam Bentuk Rehearsal terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa kelas X MIA 1 di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Mauk.
Kata Kunci :Strategi Memori, Rehearsal, Prestasi Belajar
|