Abstrak  Kembali
ANDRI ATUN NI’MAH. NIM: 1001135007. Pengaruh Pendekatan Saintifik Dengan Model PBL (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Metakognitif Siswa SMA Kelas X. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Agustus 2014. Keterampilan metakognisi dapat membantu siswa menjadi pebelajar mandiri. Salah satu pendekatan saintifik dan model problem based learning adalah upaya menumbuhkan kemampuan metakognitif. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kesadaran dan keterampilan metakognitif siswa, dan belajar siswa dengan menggunakan pendekatan saintifik dengan model problem based learning. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan design eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre Experimental Design. Teknik pengambilan sampel yang peneliti lakukan adalah purposive sample dan yang digunakan penelitian ini 30 siswa. Hasil belajar kognitif diukur dengan tes bentuk soal essay yang dilakukan pada pretest dan posttest dengan materi Optik geometris dengan. Untuk menggukur kemampuan metakognitif dengan menggunakan angket. Dalam pengujian validitas, peneliti mempergunakan rumus Product Moment Correlation Sedangkan dalam Pengujian reliabilitas ini menggunakan rumus Alpha Dan didapatkan nilai rhitung = 0,6 dan rtabel 0,361 uji normalitas dengan uji Liliefors dengan Galat Taksiran Sederhana didapatkan nilai thitung adalah 0.92, sedangkan ttabel =1,740. Sehingga didapatkan thitung< ttabel.homogenitas varians pada penelitian ini menggunakan uji Bartlett didapatkan 𝜒𝑕𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔2= 3,61, 𝜒𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙2=30,14 Jika 𝜒𝑕𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔2<𝜒𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙2, dan dalam pengujian hipotesis didapatkan nilai nilai thitung adalah 0.91794, sedangkan ttabel =1,740. Sehingga didapatkan thitung< ttabel. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan pendekataan saintifik dengan model problem based learning terhadap kemampuan metakognitif Kata Kunci: pendekatan saintifik, model pembelajaran PBL, kesadaran metakognitif