Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Pola Asuh Orang Tua
terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Hipotesis penelitian adalah “Terdapat Hubungan
Pola Asuh Orang Tua dengan Hasil Belajar IPA Siswa”. Penelitian ini dilakukan
terhadap Anak kelas IV SDN Rorotan 03 Pagi Jakarta Utara. Sampel yang digunakan
adalah sampel kelompok (Cluster Sample).
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survey. Data
dianalisis dengan korelasi uji normalitas menggunakan uji Chi Kuadrat, Linearitas
Regresi dan uji normalitas data korelasi Pola Asuh Orang Tua di dapat didapat X˛hitung =
3,14 dan Hasil Belajar IPA Siswa X˛hitung = 6,672. X˛tabel pada taraf signifikansi α=1%
dengan derajat kebebasan = dk-3 adalah 11,341 karena pada kedua data X˛hitung < X˛tabel,
maka disimpulkan kedua data berdistribusi normal. Uji Linearitas diperoleh Fhitung =
1,607 dengan Ftabel = 3,70 dk pembilang = 14 dan dk penyebut = 14. Karena Fhitung < F
tabel, maka disimpulkan data berpola linear.
Uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh thitung = 5,13 pada taraf signifikansi =
0,01 dengan derajat kebebasan (dk) 28 didapat Ttabel = 2,467 karena Thitung > Ttabel maka
H0 ditolak. Dengan demikian H1 diterima yang menyatakan bahwa terdapat hubungan
Pola Asuh Orang Tua dengan Hasil Belajar IPA Siswa.
Simpulan akhir dari penelitian ini adalah bahwa terdapat hubungan Pola Asuh Orang
Tua dengan Hasil Belajar IPA Siswa
|