Abstrak  Kembali
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana menjawab permasalahan mengenai minat membaca siswa kelas IV SDN Cipinang Besar Selatan 03 Pagi melalui Metode Sustained Silent Reading. Penelitian ini dilakukan di SDN Cipinang Besar Selatan 03 Pagi Jakarta Timur kelas IV semester II tahun ajaran 2013-2014. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV-B yang berjumlah 35 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan angket dengan bentuk pernyataan. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui metode Sustained Silent Reading dengan menggunakan model siklus dari Setephen Kemmis. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklusnya menggunakan prosedur yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, dengan subjek penelitian siswa-siswi kelas IV tahun pelajaran 2013-2014. Hasil penelitian menunjukan bahwa diperoleh data yaitu pada siklus I minat baca anak 62,63% dan pada siklus II meningkat menjadi 70,98%. Dengan demikian jelas bahwa melalui sustained silent reading membawa dampak positif bagi peningkatan minat membaca anak. Dari data yang sudah didapat seperti yang dicantumkan diatas, dapat disimpulkan bahwa melalui metode sustained silent reading dapat meningkatkan minat membaca siswa kelas IV SDN Cipinang Besar Selatan 03 Pagi.