Abstrak  Kembali
VIVI VATILLAH. NIM: 1001125188. Perbedaan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dengan Metode Inkuiri dan Metode Problem Based Learning di MTs Attaqwa. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Agustus 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa dengan metode inkuiri dan metode problem based learning. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah : “Terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa dengan metode inkuiri dan metode problem based learning”. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Attaqwa kelas VIII pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014. Sampel yang diteliti sebanyak 62 siswa yang terdiri dari 31 siswa kelas eksperimen dan 31 siswa kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen. Variabel bebas: metode inkuiri dan metode problem based learning. Variabel terikat: kemampuan penalaran matematis siswa. Uji instrumen dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas dengan rumus korelasi Pearson Product Moment diperoleh 8 soal yang valid dan 2 soal yang tidak valid. Uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach diperoleh nilai = 0,624 > r(0,05;40) = 0,312 menunjukkan bahwa soal reliabel. Uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan uji Liliefors serta uji homogenitas dengan uji Fisher. Uji normalitas untuk kelas eksperimen, Lhitung = 0,135 < 0,159 = Ltabel sedangkan untuk kelas kontrol, Lhitung = 0,087 < 0,159 = Ltabel, dapat disimpulkan bahwa kedua sampel diperoleh dari populasi yang berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas diperoleh kedua sampel diperoleh dari populasi yang berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas diperoleh Fhitung = 1,651 < 1,841 = Ftabel, hal ini berarti populasi dari dua data tersebut mempunyai varians yang homogen. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t didapat thitung= 5,292 > 2,000 = ttabel dengan menggunakan taraf signifikansi = 0,05. Hal ini berarti tolak H0,maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa dengan metode inkuiri dan metode problem based learning di MTs Attaqwa. Keyword : Metode inkuiri, metode problem based learning, kemampuan penalaran matematis.