SITI NOER DHIEN HABIBAH: 0901125213. Upaya Peningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC Kelas VIII-4 di SMP Negeri 206 Jakarta. Skripsi. Jakarta : Program Studi Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Agustus 2013.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi bangun ruang sisi datar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC di kelas VIII-4 SMP Negeri 206 Jakarta. Model penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Taggart melalui empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 206 Jakarta tahun pelajaran 2012- 2013 yang berjumlah 36 siswa, terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan.
Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus. Pada siklus pertama, sebagian siswa belum terbiasa dengan cara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC. Dalam siklus kedua, siswa memahami penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dan menunjukkan hasil yang memuaskan. Hasil belajar siswa yang mencapai
KKM yaitu 71 pada siklus I yakni mencapai 44,444%, sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan mencapai 88,889% dengan rata-rata nilai kelas pada siklus I yaitu 67,695 dan siklus II yaitu 80,370. Hal ini menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa secara signifikan. Dari hasil observasi aktivitas siswa menunjukkan peningkatan rata-rata skor aktivitas siswa pada siklus I sebesar 64,375% meningkat menjadi 76,56% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa
dengan materi bangun ruang sisi datar pada siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 206 Jakarta.
Kata Kunci: tipe CIRC, Meningkatka Hasil Belajar Matematika Siswa.
|