Abstrak  Kembali
Muhammad Sholihul Hadi. NIM: 1101125125. Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Metode Discovery dan Metode Drill di SMA Negeri 6 Depok. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Maret 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa melalui metode discovery dan metode drill. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan metode discovery dan siswa yang diberikan metode drill. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 6 Depok kelas X semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015. Sampel yang di teliti sebanyak 70 siswa yang terdiri dari 35 siswa kelas eksperimen dan 35 siswa kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental design. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Variabel bebas: metode discovery dan metode drill. Variabel terikat: hasil belajar matematika siswa. Uji instrumen menggunakan uji validitas dengan rumus korelasi Product Moment di peroleh 11 soal valid, 6 soal tidak valid dan uji reliabilitas dengan rumus Alpha. Uji persyaratan uji normalitas dengan uji Lilliefors dan uji homogenitas dengan uji Fisher. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan metode discovery dan yang menggunakan metode drill. Kata kunci : hasil belajar matematika, metode discovery dan metode drill.