FITRIA CHOIRUNNISA: NIM.1101125023. Upaya Meningkatkan Hasil
Belajar Matematika Pada Materi Statistika Menggunakan Tes Formatif
Berbentuk Uraian Terstruktur Siswa Kelas XI IIS 3 Semester Genap SMA Negeri 74 Jakarta. Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Maret 2015.
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi statistika siswa di kelas XI IIS 3 SMA Negeri 74 Jakarta.
Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai rata-rata ulangan harian siswa sebelum tindakan. Hipotesis tindakan yang diajukan dalam penelitian ini adalah “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Statistika Menggunakan Tes Formatif Berbentuk Uraian Terstruktur Siswa Kelas XI IIS 3 Semester Genap SMA Negeri 74 Jakarta”. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut: pada hasil belajar matematika siswa sebelum tindakan, nilai rata-rata kelas adalah 60,93 dengan
persentase pencapaian KKM 40% dan pada hasil belajar matematika siswa siklus I, nilai rata-rata kelas naik menjadi 79,61 dengan persentase pencapaian KKM 83,33% sedangkan pada siklus II, nilai rata-rata meningkat lagi menjadi 82,33% dengan pencapaian KKM 83,33%, Simpulan akhir dari penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan tes formatif berbentuk uraian terstruktur dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi statistika siswa kelas XI IIS 3.
Kata kunci: hasil belajar matematika, tes formatif, statistika.
|