RESFI PURWASIH. NIM : 0701125100. Pengaruh Pembelajaran Kooperat-if Model TPS (Think-Pair-Share) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SMP Ki Hajar Dewantoro Tangerang. Skripsi : Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muham-madiyah Prof. DR. HAMKA, Febuari 2012.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh model TPS (Think-Pair-Share) terhadap hasil belajar matematika siswa. Se-bagai kelas kontrol diberikan pembelajaran tanpa menggunakan model TPS (Think-Pair-Share). Model TPS adalah model yang digunakan pada saat pembelajaran matematika. Hipotesis yang diajukan: “Terdapat pengaruh penggunaan model TPS terhadap hasil belajar matematika siswa”. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Ki Hajar Dewantoro, kelas VII (tujuh) pada semester genap tahun pelajaran 2010/2011. Sampel yang diteliti sebanyak 80 siswa yang terdiri dari 40 siswa kelas eksperimen dan 40 siswa kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Variabel bebas pada penelitian ini adalah pengunaan model TPS sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar matematika siswa. Instrumen penelitian ini sebelum diberikan kepada objek penelitian dilakukan dahulu uji coba instrumen yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas dengan rumus korelasi point biserial didapat 30 soal yang valid dan 10 soal yang tidak valid, sedangkan uji reliabilitas dengan rumus K-R.20 didapat rhitung = 0,895 > 0,312 = rtabel, maka instrumen yang digunakan reliabel. Sebelum data dianalisis terlebih da-hulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan uji Lilliefors Untuk kelas eksperimen diperoleh Lhitung = 0,112 < Ltabel = 0,140= L(0,05;40), se-dangkan kelas kontrol diperoleh Lhitung = 0,105 < Ltabel = 0,140 = L(0,05;40), maka dapat disimpulkan bahwa kedua sampel berasal dari populasi yang ber-distribusi normal.. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh data thitung = 5,039> 1,994 = t0,975(78) dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hal ini berarti tolak H0, maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model TPS (Think-Pair-Share) terhadap hasil belajar matematika siswa.
|