EKAWATI CHAIRUNNISA RACHMADANIA. NIM: 1001125057.Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematik Siswa dengan menggunakan Metode Penemuan Terbimbing dan Metode PQ4R di SMPN 11 Tangerang. Skripsi : Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, Agustus 2014.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematik siswa dengan menggunakan metode penemuan terbimbing dan metode PQ4R. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah : “Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematik siswa dengan menggunakan metode penemuan terbimbing dan metode PQ4R”. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 11 Tangerang kelas VIII semester genap tahun pelajaran 2013-2014. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen quasi eksperimen design yang terdiri dari 40 siswa kelas eksperimen dan 40 siswa kelas kontrol. Instrumen penelitian ini seblum diberikan kepada objek penelitian dilakukan dahulu uji coba instrument yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas dengan rumus Korelasi point Biseral didapat 12 soal yang valid, sedangkan uji reliabilitas dengan rumus alpha diperoleh .
Sebelum data dianalisis, data terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan Uji Liliefors serta uji homogenitas dengan menggunakan Uji Fisher. Uji normalitas untuk kelas eksperimen diperoleh , sedangkan untuk kelas kontrol , maka dapat disimpulkan bahwa kedua sampel tersebut normal. Hasil perhitungan homogenitas diperoleh , maka dapat disimpulkan bahwa kedua kelas tersebut mempunyai varians yang homogeny. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t didapat dengan taraf signifikansi pada dan derajat kebebasan (dk) = 78. Hal ini berarti tolak H0 maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematik siswa dengan menggunakan metode penemuan terbimbing dan metode PQ4R.
Kata Kunci : Metode Penemuan Terbimbing dan Metode PQ4R, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematik Siswa
|