Abstrak  Kembali
Penelitian ini untuk mengungkap (1) Hubungan antara Manajerial Kepala Sekolah dengan Layanan Perpustakaan Sekolah; (2) Hubungan antara Kompetensi Pegawai Perpustakaan dengan Layanan Perpustakaan Sekolah; (3) Hubungan antara Manajerial Kepala Sekolah dan Kompetensi Pegawai Perpustakaan secara bersama-sama dengan Layanan Perpustakaan Sekolah. Hipotesis yang di uji adalah: (1) terdapat hubungan positif antara Manajerial Kepala Sekolah dengan Layanan Perpustakaan Sekolah; (2) terdapat hubungan positif antara kompetensi pegawai perpustakaan dengan layanan perpustakaan sekolah; (3) terdapat hubungan positif antara manajerial kepala sekolah dan kompetensi pegawai perpustakaan secara bersama-sama dengan layanan perpustakaan sekolah Penelitian ini dilakukan dengan metode survey. Populasi target adalah seluruh siswa SMP Negeri Kota Bau-Bau yang berjumlah 7158 orang. Sampel yang diambil dengan menggunakan cluster random sampling area. Sehingga ditentukan dua kecamatan dan kelas 9 A yang berjumlah 61 orang. Instrumen penelitian untuk manajerial kepala sekolah, kompetensi pegawai perpustakaan, dan layanan perpustakaan sekolah didasarkan pada validitas isi. Keterandalan dihitung dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil ujicoba menunjukan bahwa keterandalan masing-masing instrumen adalah sebagai berikut: manajerial kepala sekolah rtt = 0,400, kompetensi pegawai perpustakaan rtt = 0,580, dan layanan perpustakaan sekolah rtt = 0,504. Analisis data menggunakan rumus korelasi dan regresi. 3 Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: pertama terdapat hubungan positif antara manajerial kepala sekolah (X1) dengan layanan perpustakaan (Y) dengan persamaan regresi Ŷ = 21,656 + 0,825X1 dan koefisien korelasi ryI = 0,765, signifikans pada 0,05. Kedua terdapat hubungan positif antara kompetensi pegawai perpustakaan dengan layananan perpustakaan. Kekuatan hubungan antara variabel (X2) dengan Variabel (Y) dinyatakan dengan persamaan regresi Ŷ = 12,068 + 0,867X2 dan koefisien korelasi ryI = 0,717 siginifikans pada 0,05. Ketiga terdapat hubungan positif antara manajerial kepala sekolah dan kompetensi pegawai perpustakaan secara bersama-sama dengan layanan perpustakaan. Kekuatan hubungan antara variabel (X1) dan variabel (X2) dinyatakan dengan persamaan regresi Ŷ = 0,793 + 0,338 (X1) + 0,632 (X2) dan koefisien korelasi ryI = 0,762 signifikans pada 0,05 Penelitian ini dapat meningkatkan motivasi membaca siswa sehingga tercapai kualitas pendidikan yang diinginkan. Dengan cara: Kepala sekolah harus memiliki satuan operasional perpustakaan sekolah, visi, serta bekerja sama dengan lingkungan sekolah. Kepala sekolah menjalankan manajerial terbuka untuk kemajuan perpustakaan.