Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengkaji tentan pengaruh (1) Kompensasi; dan (2) Kompetensi Guru; terhadap (3) Prestasi Kerja Guru SMA Negeri Jakarta Pusat Rayon 01. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri di Jakarta Pusat, dengan metode penelitian survey dengan menggunakan analisis jalur. Populasi penelitian ini adalah guru negeri di SMA Negeri Jakarta Pusat Rayon 01 yang berjumlah 268 orang, sedangkan sampel sebanyak 73 orang guru\ (30 guru untuk ujicoba dan 73 guru untuk penelitian), dipilih berdasarkan menggunakan rumus Slovin. Penelitian ini menggunakan tiga variabel yaitu, (1) Prestasi kerja(X3), (2) Kompensasi (X1) dan (3) Kompetensi Guru (X2). Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh langsung yang positif dan signifikan Kompensasi terhadap Prestasi kerja, (r1.3) = 0,271 dengan X3 = 113,01 + 0,213X1; (2) terdapat pengaruh langsung yang positif dan signifikan Kompetensi Guru terhadap Prestasi Kerja (r3.2) = 0,476 dengan X3 = 85,47 + 0,385 X2; dan (3) terdapat pengaruh langsung yang positif dan signifikan Kompensasi terhadap Kompetensi Guru (r12) = 0,353 dengan X2 = 100,54 + 0,343X1.Hasil penelitian ini diupayakan dapat menjadi bahan informasi yang bermanfaat bagi Kepala Sekolah, Guru, Siswa, dan Masyarakat, bahwa: 1) Upaya meningkatkan prestasi kerja guru dapat dilakukan dengan meningkatkan kompensasi guru, 2) Upaya meningkatkan prestasi kerja guru dapat dilakukan dengan meningkatkan kompetensi guru, 3) Upaya meningkatkan kompetensi guru dapat dilakukan dengan meningkatkan kompensasi guru. Saran agar Kepala Sekolah harus membuat suatu sistem kompensasi yang berbasiskan kompetensi sehingga diharapkan para guru dapat terus meningkatkan prestasi kerjanya dan meningkatkan prestasi kerjanya. Selain itu juga diharapkan kepala sekolah dapat memberikan penilaian prestasi kerja yang jujur.
|