Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data, fakta dan informasi guna membuktikan apakah ada hubungan yang kuat antara Komunikasi Interpersonal dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Kepuasan Kerja Guru Honorer SMA Negeri di Rayon 14 Jakarta Timur Metode yang digunakan metode survey. Populasi penelitian seluruh guru honorer SMA Negeri di Rayon 14 Jakarta Timur yang berjumlah 103 orang. Jumlah sampel sebanyak 51 orang dengan menggunakan teknik Random Sampling. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner skala Linkert dengan lima skala. Analisis reliabilitas untuk variabel X1, X2 dan Y dihitung dengan rumus Alpha Cronbach, di mana nilai reliabilitas untuk variabel X1 sebesar rii = 0,932, untuk variabel X2 sebesar rii = 0,893 dan untuk variabel Y sebesar rii = 0,895. Data analisis dengan statistik deskriptif. Pengujian persyaratan statistik meliputi pengujian normalitas menggunakan uji Liliefors dan pengujian homogenitas menggunakan uji Barttlet. Pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi dan regresi linear ganda. Uji keberartian menggunakan uji t dan uji F pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat hubungan positif antara Komunikasi Interpersonal dengan Kepuasan Kerja Guru Honorer,dengan koefisien korelasi (ry1) sebesar 0,484. Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan kepuasan kerja Guru Honorer,dengan koefisien korelasi (ry2) sebesar 0,606. Serta Komunikasi Interpersonal dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Kepuasan Kerja Guru Honorer. ditunjukkan oleh koefisien korelasi ganda (Ry.12) sebesar 0,654. Penelitian ini diharapkan berguna dalam upaya peningkatan Kepuasan Kerja Guru Honorer khususnya di Rayon 14 Jakarta Timur.