Abstrak  Kembali
ABSTRAK
Makanan tambahan pabrikan/komersial disebut juga makanan pendamping ASI pabrikan (MP-ASI pabrikan) atau makanan komersial. Makanan bayi tersedia dalam bentuk tepung campuran instan dan biskuit yang dapat dimakan secara langsung atau dapat dijadikan bubur. Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian cross sectional dengan metode sampling jenuh serta menggunakan uji chi-square. Pengumpulan data dengan wawancara dengan 30 responden di 7 Posyandu Kelurahan Cinere. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa MP-ASI Komersial: seluruh responden memliki asupan energi defisit berat 30 responden (100%). Umur ibu ? 35 Tahun sebanyak 27 responden (90%). Pendidikan ibu < SMA sebanyak 26 responden (86,7%). Pengetahuan ibu sedang sebanyak 14 responden (46,7%). Jumlah anak sedikit < 3 orang sebanyak 27 responden (90%). Pendapatan keluarga ? UMR Rp.3.046.180 sebanyak 21 responden (70%). Keterpaparan informasi sedang sebanyak 14 responden (46,7%). Sebagian besar responden memperoleh dukungan keluarga (66,7%) dan dukungan suami (100%) terkait MP-ASI. Hasil uji statistik menunjukkan tidak ada hubungan karakteristik ibu, faktor predisposisi dan faktor pendukung dengan kecukupan asupan pada bayi yang diberi MP-ASI Komersial.
ABSTRACT
Supplementary manufactured infant food/commercial also called manufactured complementary feeding (MP-ASI Manufacturing) or commercial infant food are available in the form of instant mix flour and biscuits that can be eaten directly or can be used as pulp. Design of this study using cross sectional design with saturated sampling method and using the chi-square test data analysis. Data collected by conducted interview with 30 respondents in 7 Posyandu at Cinere. The results of this study indicated that all respondents have deficit in energy intake (100%). Respondents with age under 35 years are 27 respondents (90%). More than half respondents (86,7%) have less educated (< Rp3.046.180) (70%). Respondents with moderate exposure of information were 14 respondents (46,7%). Almost all off respondents wee supported by family (66,7%) and husband (100%) about complementary feeding. Statistical analysis show that there is no significant relationship between maternal characteristics, predisposing factors and the factors supporting the provision of commercial weaning food.