|
Pada saat ini pelayanan kefarmasian telah terjadi perubahan paradigma
dari pelayanan yang berorientasi pada obat ( drug oriented ) menjadi pelayanan yang berorientasi pada pasien (patient oriented) dengan mengacu pada asuhan kefarmasian (Pharmaceutical Care). Pelayanan yang tadinya hanya berfokus pada pengelolaan obat sebagai komoditi berubah menjadi pelayanan yang komprehensif dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas hidup pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai mutu pelayanan kefarmasian di Puskesmas Kecamatan Makasar di wilayah Kota Jakarta Timur.
Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan dengan cara telaah dokumen, observasi dan kuesioner. Data yang diperoleh diberi skor untuk memudahkan dalam proses analisis data dan penilaian dilakukan dengan menggunakan skala. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mutu pelayanan kefarmasian di Puskesmas Kecamatan Makasar termasuk katagori baik sesuai
dengan standar pelayanan kefarmasian di Puskesmas.
|