Abstrak  Kembali
ABSTRAK
Hasil penelitian riset kesehatan dasar (Riskesdas, 2010) menyatakan masih banyak penduduk yang tidak cukup mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Data (Riskesdas, 2013) menyebutkan sebanyak 93,5% penduduk usia > 10 tahun mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan di bawah anjuran. Padahal, konsumsi sayuran dan buah-buahan merupakan salah satu bagian penting dalam mewujudkan Gizi Seimbang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu atau Quasi Exsperiment dengan rancangan penelitian Non randomized Pretest-Posttest with Control Group. Sampel yang diambil yaitu 84 anak SD N 10 Kebon Jeruk dan SDN 01 Kelapa Dua dengan masing-masing Kelompok yaitu 42 di Jakarta Barat. Pengumpulan data dengan cara metode test yaitu pretest dan posttest. Analisis data penelitian ini menggunakan Uji Wilcowon, dan Uji Mann Whitney. Dari hasil uji itu didapatkan bahwa ada perbedaan pengetahuan (p= 0,000) dan Sikap (p=0,000), konsumsi buah dan sayur sebelum dan sesudah Intervensi di SD N 10 Kebon Jeruk Jakarta Barat. Tidak ada perbedaan pengetahuan (p=0,369) dan Sikap (p=0,631) konsumsi buah dan sayur sebelum dan sesudah intervensi di SDN N 01 Kelapa Dua Jakarta Barat. Perbedaan selisih nilai skor pengetahuan dan sikap (p=0,000) antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulakan bahwa adanya perubahan pengetahuan dan sikap dengan menggunakan media film, untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap tentang konsumsi buah dan sayur di SDN 10 Kebon Jeruk dan SDN 01 Kelapa Dua Jakarta Barat Tahun 2017. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan kepada pihak sekolah dalam menyampaikan pesan-pesan kesehatan, menggunakan media film sebagai metode, supaya para siswa dan siswi dapat memahami dan melaksanakan pesan-pesan yang disampaikan. Dan bagi peneliti selanjutnya Disarankan apabila menggunakan media film, sebagai media dalam penelitian, agar membuat film sendiri sesuai dengan konteks nya supaya memudahkan dalam penelitian, serta dalam pemberian pre-test dan post-test jarak yang diberikan lebih lama supaya lebih baik dalam pengukuran Perubahan pengetahuan
ABSTRACT
The result of research of basic health research (Riskesdas, 2010) states there are still many people who do not eat enough vegetables and fruits. Data (Riskesdas, 2013) mentions as many as 93.5% of the population aged> 10 years consuming vegetables and fruits under the suggestion. In fact, consumption of vegetables and fruits is one important part in realizing Balanced Nutrition. This research type is quasi experiment or Quasi Exsperiment with non randomized Pretest-Posttest with Control Group research design. Samples taken were 84 children from SD N 10 Kebon Jeruk and SDN 01 Kelapa Dua with each group of 42 in West Jakarta. Data collection by test method that is pretest and posttest. Analysis of this research data using Wilcowon Test, and Mann Whitney Test. From the test results it was found that there was a difference of knowledge (p = 0,000) and attitude (p = 0,000), fruit and vegetable consumption before and after Intervention in SD N 10 Kebon Jeruk West Jakarta. There was no difference of knowledge (p = 0,369) and attitude (p = 0,631) of fruit and vegetable consumption before and after intervention at SDN N 01 Kelapa Dua West Jakarta. Difference between value of knowledge and attitude score (p = 0,000) between intervention group and control group. From the results of this study can be concluded that the change of knowledge and attitude by using film media, to improve knowledge and attitude about the consumption of fruits and vegetables in SDN 10 Kebon Jeruk and SDN 01 Kelapa Dua West Jakarta Year 2017. Based on the results of research can be suggested to the school in delivering health messages, using film media as a method, so that students and students can understand and implement messages delivered. And for further researcher It is suggested to use film media, as media in research, to make own film according to its context in order to facilitate in research, and in giving pre-test and post-test distance given longer to better in measurement Change of knowledge .