| Abstrak |
|
|
ABSTRAK Waktu tunggu menjadi pertimbangan penting bagi masyarakat modern yang mobilitasnya semakin meningkat. Semakin singkat waktu tunggu yang didapatkan pasien, maka akan terbentuk sikap positif pasien terhadap pelayanan kesehatan bahkan cenderung akan menjadi pasien yang loyal. Tujuan diadakannya penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan waktu tunggu pasien rawat jalan di Poli Umum Puskesmas Tugu Kecamatan Cimanggis Kota Depok 2017. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli - Agustus 2017 di Puskesmas Tugu Kecamatan Cimanggis Kota Depok. Disain penelitian yang digunakan adalah Cross Sectional. Pengambilan populasi sampel secara purposive dan sampel yang terpenuhi sebanyak 120 pasien. Hasil analisis univariat penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar responden menyatakan tidak sesuai standar atau ? 60 menit (65%), dokter terlambat atau ? pukul 07.30 (70,9%), jumlah dokter 1-2 orang (75%), jumlah pasien perhari atau ? 70 pasien (54%), status pasien lama (66,7%), pasien membayarkan dengan cara asuransi (73,7%). Hasil analisis bivariat chi square menunjukkan dari 5 variabel, 3 diantaranya memiliki hubungan dengan waktu tunggu pasien rawat jalan poli umum yaitu keterlambatan dokter (nilai p 0,038), jumlah dokter (nilai p 0,038), dan jumlah pasien perhari (nilai p 0,020). Saran untuk pihak Puskesmas agar mengurangi waktu tunggu karena keterlambatan dokter, menambah fasilitas tempat duduk untuk pasien yang menunggu, menambah jumlah dokter, serta alternatif untuk pasien bisa diberikan penyuluhan kesehatan sehingga selain pasien mendapatkan ilmu tentang kesehatan, pasien juga tidak akan begitu merasakan waktu tunggunya. ABSTRACT Waiting time becomes an important consideration for modern society whose mobility is increasing. The shorter waiting time is obtained by the patient, it will form a positive attitude of patients to health services even tend to be a loyal patient. The purpose of this research is to find out factors related to waiting time of outpatient in Public Poly of Tugu Sub-district Public Health Center of Cimanggis Subdistrict, Depok City 2017. This research was conducted on July - August 2017 at Tugu Village Health Center, Cimanggis Sub District, Depok City. The research design used is Cross Sectional. Sampling by purposive and samples are fulfilled as many as 120 patients. The results of univariate analysis of this study showed that the highest number of respondents was 65% not according to standard (? 60 minutes), 70.9% of late doctors (? 07.30), 75% of doctors 1-2 people, 54% of patients per day 70 patients), 66.7% old patient status, 73.7% of patients paid by way of insurance. The result of chi square bivariate analysis showed that from 5 variables, 3 of them have relationship with waiting time of outpatient general polizers ie doctors delay (p value 0,038), physician number (p value 0,038), and number of patient per day (p value 0,020). Suggestions for the Public Health Center to reduce waiting time due to doctor's delay, increase the seating facility for waiting patients, increase the number of doctors, and to deal alternative with long waiting time, patients can be given health counseling so that in addition to patients get knowledge about health, the patient also will not so much waiting time. |
|