| Abstrak |
|
|
ABSTRAK Makin meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan maka pelayanan radiologi sudah selayaknya memberikan pelayanan yang berkualitas. Dengan demikian peneliti ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pasien BPJS dengan pelayanan kesehatan di Unit Radiologi RSUD Tarakan Jakarta Pusat Tahun 2015. Jenis penelitian ini adalah analitik kuantitatif metode cross sectional dengan menggunakan uji chi square. Penelitian ini dilakukan di Radiologi RSUD Tarakan Jakarta Pusat, berlangsung selama bulan Juni sampai dengan Desember 2015. Sampel yang diambil adalah 71 responden dan cara pengambilan sampel memakai Accidental sampling. Hasil penelitian nilai kepuasan berdasarkan dimensi mutu yang mencapai nilai standar kepuasan di Radiologi sebesar (70%) ada pada dimensi assurance (77,5%), sedangkan dimensi yang belum mencapai nilai standar kepuasan Radiologi yaitu dimensi tangibles (53,5%), eaty (64,8%), reliability (52,1%), dan responsiveness (52,1%).Jenis Kelamin yang paling banyak adalah Perempuan (62,0%), Umur Tua (>35 tahun) (50,7%), Jenjang Pendidikan Tinggi (88,7%), Pasien Bekerja (84,5%), Pendapatan ABSTRACT The increasing need for people to health services, the radiology service is only fitting to provide quality service.Thus this research aims to determine patient satisfaction with health care BPJS Radiology Unit Tarakan Hospital in Central Jakarta in 2015. This research is a cross sectional quantitative analytical method using chi square test. This research was conducted in Radiology Tarakan Hospital in Central Jakarta, took place during the months from June to December 2015. The sample is 71 respondents and how sampling wear Accidental sampling. The research result satisfaction score based on dimensions of quality that reaches the standard value in the satisfaction of Radiology (70%) is on the assurance dimension (77.5%), while the dimensions of which has not reached the standard value Radiology satisfaction that the dimensions of tangibles (53.5%), empathy (64.8%), reliability (52.1%), and responsiveness (52.1%).Gender most are women (62.0%), Old Age (> 35 years) (50.7%), Study of Higher Education (88.7%), Patient Work (84.5%) Revenue |
|