| Abstrak |
|
|
ABSTRAK Salah satu tujuan nasional dari bangsa Indonesia dalam Undang- Undang Dasar 1945 adalah memajukan kesejahteraan umum. Kesejahteraan dapat tercapai apabila komponen sumber daya manusia dapat tersedia dengan tangguh, mandiri, dan berkualitas. Salah satu sumber daya manusia yang terpenting dalam sektor kesehatan adalah perawat. Perawat adalah sumber daya manusia yang paling dominan jumlahnya dan secara langsung berhubungan dengan pasien. Untuk mengetahui suatu gambaran mengenai baik buruknya suatu pelayanan rumah sakit salah satunya dapat dilihat dari kinerja perawat. Kinerja perawat adalah hasil kegiatan kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh perawat dalam melaksanakan tugas asuhan keperawatan pasien. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif cross sectional bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kinerja perawat, yang dilakukan terhadap 82 responden, menggunakan kuesioner penelitian dengan analisis univariat, bivariat, dan multivariat. Hasil penelitian menunjukkan variabel yang berhubungan dengan kinerja adalah motivasi kerja (Pvalue 0,012), beban kerja (Pvalue 0,027), dan imbalan (Pvalue 0,048). Rekomendasi untuk pimpinan rumah sakit dan keperawatan adalah agar lebih meningkatkan kinerja perawat melalui peningkatkan pengembangan diri dan karir berupa kesempatan mendapat beasiswa pendidikan, peningkatan pelatihan, promosi jabatan dan kemudahan dalam kenaikan pangkat di Rumah Sakit Umum Daerah Kota depok. Upaya lain dalam peningkatan kinerja perawat adalah melalui peningkatan sarana dan prasarana sistem informasi rumah sakit, peningkatan kesejahteraan dalam sistem pemberian insentif, diharapkan kepada perawat untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan pelaksanaan asuhan keperawatan sesuai standar operasional prosedur serta standar asuhan keperawatan. ABSTRACT One of the national goals of the Indonesian nation in the 1945 Constitution is the promotion of general welfare. Welfare can be achieved if the human resources component can be readily available, independent, and qualified. One of the most important human resources in the health sector is nurses. The nurse is the most dominant human resource and is directly related to the patient. To find out a picture about the good of a hospital service one of them can be seen from the performance of nurses. Nurse performance is the result of work activities achieved by nurses both in quality and quantity in implementing nursing care. The type of this study is quantitative cross sectional aims to determine the factors associated with the performance of nurses conducted on 82 respondents. Data collection using questionnaire and questioner measurement tools. Data analysis use univariate, bivariate, and multivariate analysis. The results showed that the variables related to performance were work motivation (Pvalue 0.012), workload (Pvalue 0.027), and return (Pvalue 0.048). Recommendation to General Hospital in Depok City is improvement of nurse performance through improvement of career development, improvement of hospital information system, incentive improvement, nurse knowledge enhancement, and nursing skills in nursing care. |
|