Abstrak  Kembali
ABSTRAK
Persaingan bisnis rumah sakit saat ini semakin kompetitif sehingga mengubah cara berfikir masyarakat dalam memilih dan memberikan penilaian terhadap pelayanan kesehatan, ketika pengguna jasa merasa puas maka akan mendorong dimensi mutu layanan yang berhubungan dengan minat berkunjung kembali dengan dilatarbelakangi oleh beberapa faktor yaitu harga layanan dan kualitas layanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan keputusan berobat kembali di Rawat Jalan RSU Kota Tangerang Selatan. Populasi penelitian ini adalah seluruh pasien rawat jalan dengan sampel sebanyak 116 responden. Metode penelitian ini dalah kuantitatif dengan design Cross Sectional dan teknik pengambilan sample menggunakan random sampling, serta menggunakan data primer yang diambil dengan uji kuisioner. Analisis yang digunakan univariat dan bivariat menggunakan uji Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan antara brand preference (pilihan akan merek) (Pvalue 0.001), perceived value (nilai yang dirasakan) (Pvalue 0.000), assurance (jaminan) (Pvalue 0.000), tangible (bukti langsung) (Pvalue 0.000) dan tidak ada hubungan antara responsive (daya tanggap) (Pvalue 0,437), reliability (kehandalan) (Pvalue 0,601),empathy (empati) (Pvalue 0,097) dengan keputusan berobat kembali. Dengan demikian, Rumah Sakit Umum Kota Tangerang Selatan, diharapkan dapat meningkatkan keterampilan, tenaga kesehatan kebersihan dan kerapihan serta kenyamanan di rumah sakit.
ABSTRACT
Competition of hospital business is increase so changing the way of thinking of society in choosing and giving assessment to health service, when client feel satisfied it will push dimension of service quality related to the interest of visit back with background by some factor that is service price and service quality. The purpose of this study was to determine the factors related to decision in outpatient General Hospital of South Tangerang City. The population of this study were all outpatients with a sample of 116 respondents. This research method is quantitative with cross sectional design and sampling technique using random sampling, and using primary data taken by questionnaire test. The analysis used univariate and bivariate using Chi Square test. The results show that there is a relationship between brand preference (Pvalue 0.001), perceived value (Pvalue 0.000), assurance (Pvalue 0.000), tangible (direct evidence) (Pvalue 0.000) and there is no relation between responsive (Pvalue 0.437) reliability (Pvalue 0,601), empathy (empathy) (Pvalue 0,097) with decision of back of client. Thus, General Hospital of South Tangerang City, is expected to improve the skills, health and hygiene and neatness and comfort in the hospital.