Penilaian pasien merupakan salah satu dimensi mutu pelayanan kesehatan yang bersifat relatif dan subjektif sehingga sulit untuk diukur. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui gambaran penilaian pasien terhadap pelayanan resep rawat jalan di instalasi farmasi rawat jalan jaminan RSUP Persahabatan, sehingga dapat diketahui kualitas pelayanan yang telah diberikan kemudian dapat digunakan sebagai masukan untuk meningkatkan pelayanan yang berorientasi kepada pasien di instalasi farmasi tersebut. Penelitian ini dilakukan secara Deskriptif, dengan menganalisa hubungan antar variabel menggunakan uji korelasi kemudian menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test untuk menyimpulkan hasil penelitian. Jumlah responden sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan adalah 297 pasien dan waktu penelitian
adalah pada bulan April 2012. Dari hasil analisa tersebut dapat disimpulkan bahwa penilaian pasien terhadap pelayanan resep obat di instalasi farmasi rawat jalan RSUP Persahabatan adalah baik, ditinjau dari 5 dimensi pelayanan yang meiputi keandalan
(Reliability), daya tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), empati (Emphaty), dan daya tanggap (Tangibles).
|