Abstrak  Kembali
Kosmetik halal diketahui sebagai produk yang telah lulus uji kehalalan serta keamanan oleh pihak yang berwenang. Tujuan penelitian ditujukan untuk mengetahui pengetahuan, sikap, dan perilaku terhadap kehalalan kosmetik serta hubungan dari tiap variabel menggunakan 400 responden dengan analisis data menggunakan analisis bivariat dan univariat. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa tingkat pengetahuan dikategorikan cukup dengan persentase 64,4%, sikap dikategorikan positif dengan persentase 97,5%, dan perilaku dikategorikan cukup dengan persentase 51,2%. Hasil Spearman’s rho menunjukkan bahwa adanya hubungan signifikan antara pengetahuan dan sikap dengan p-value 0,001<0,05 (r=0,185) kekuatan hubungan sangat lemah, pengetahuan dan perilaku dengan p- value 0,001<0,05 (r=0,172) kekuatan hubungan sangat lemah, serta sikap dan perilaku dengan p-value 0,001<0,05 (r=0,338) kekuatan hubungan cukup. Kesimpulan yang didapat baik pengetahuan, sikap dan perilaku maka semakin baik ketertarikannya terhadap kosmetik halal.