Kosmetik halal diketahui sebagai produk yang telah lulus uji kehalalan serta
keamanan oleh pihak yang berwenang. Tujuan penelitian ditujukan untuk
mengetahui pengetahuan, sikap, dan perilaku terhadap kehalalan kosmetik serta
hubungan dari tiap variabel menggunakan 400 responden dengan analisis data
menggunakan analisis bivariat dan univariat. Hasil penelitian ini didapatkan
bahwa tingkat pengetahuan dikategorikan cukup dengan persentase 64,4%, sikap
dikategorikan positif dengan persentase 97,5%, dan perilaku dikategorikan cukup
dengan persentase 51,2%. Hasil Spearman’s rho menunjukkan bahwa adanya
hubungan signifikan antara pengetahuan dan sikap dengan p-value 0,001<0,05
(r=0,185) kekuatan hubungan sangat lemah, pengetahuan dan perilaku dengan p-
value 0,001<0,05 (r=0,172) kekuatan hubungan sangat lemah, serta sikap dan
perilaku dengan p-value 0,001<0,05 (r=0,338) kekuatan hubungan cukup.
Kesimpulan yang didapat baik pengetahuan, sikap dan perilaku maka semakin
baik ketertarikannya terhadap kosmetik halal.
|