Memberikan pelayanan yang akan memenuhi keinginan pasien ataupun
pembeli adalah kunci dari keberhasilan suatu apotek. Kunci dari keberhasilan
suatu apotek dapat diukur melalui tingkat kepuasan konsumen. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk menganalisa faktor-faktor yang berhubungan dengan
kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan di Apotek Rahiem, Duren Sawit.
Metode penelitian ini adalah metode deskriptif analitik dan alat ukur yang
digunakan adalah kuesioner. Pelaksanaan penelitian ini diawali dengan pengujian
validitas dan reliabilitas kuesioner. Jumlah sampel berdasarkan tabel Krejcie dan
Morgan adalah 300. Pengambilan sampel menggunakan metode simple random
sampling. Data yang terkumpul dianalisis dengan bantuan program SPSS 17.
Teknik analisis data menggunakan rentang skala Likert untuk menilai kepuasan
konsumen terhadap kualitas pelayanan di Apotek Rahiem, Duren Sawit.
Kemudian dilanjutkan dengan uji Chi Square yang bertujuan untuk mengetahui
hubungan karakteristik terhadap penilaian kepuasan pelayanan di Apotek Rahiem,
Duren Sawit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen Apotek Rahiem, Duren
Sawit hanya merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan berdasarkan 5
dimensi pelayanan. Ada hubungan positif antara pelayanan kefarmasian yang
diberikan oleh Apotek Rahiem, Duren Sawit dengan penilaian kepuasan oleh
konsumen.
|