Abstrak  Kembali
PENGARUH BIAYA KUALITAS TERHADAP TINGKAT PENJUALAN PADA PT INDUSTRI SANDANG NUSANTARA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh biaya kualitas terhadap tingkat penjualanan pada pt industri sandang nusantara. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan ekplanasi(explanatory research). Variabel yang diteliti adalah biaya pencegahan,biaya penilaian,biaya kegagalan internal,dan biaya kegagalan eksternal sebagai variabel bebas dan tingkat penjualanan sebagai variabel terikat.pengumpulan data dilakaukan dengan teknik pengamatan langsung(observasi),wawancara, dan telah dokumen yang ada di PT Industri Sandang Nusanatara.Teknik pengolahan dan analaisis data yang digunakan adalah analsisis akuntansi,analisis regresi lincar berganda, uji asumsi klasik(uji normalitas,uji multikolinearitas,uji heteroskedasisitas,dan uji autokorelasi),uji hipotesis,dan analisis koefisien determinasi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa secara parsial dapat dikatakan bahwa biaya pencegahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat penjualanan dengan nilai thitung sebesar 27,633=ttabel2,017) dan taraf signifikansi terhadap tingkat penjualan dengan nilai thitung sebesar -2,078-ttabel 2,017 dan taraf signifikansi sebesar 0,044=dan taraf signifikansi sebesar 0,044-0,05.Hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan (bersama sama) keempat variabel independen tersebut yaitu biaya pencegahan,biaya penilaian,biaya kegagalan internal,dan biaya kegagalan eksternal berpengaruh signifikan terhadap tingkat penjualanan dengan Fhitung=149,621-2,59 dan tingkat signifikansi sebesar 0,000=0,05. Berdasarkan interprestasi hasil pengolahan,penulis memberikan saran kepada pihak PT Industri Sandang Nusantara untuk lebih meningkatkan biaya pencegahan dan biaya penilaian agar nantinya benar benar mampu meminimalkan biaya kegagalannya sehingga kemungkinan dihasilnya produk dengan kualitas rendah dapat diperkecil.Dengan meminimalkan biaya kegagalan akan mengurangi produk cacat sehingga produk yang dihasilkan sudah sesuai dengan spesifikasi