ANALISIS PENGUKURAN KINERJA DENGAN BALANCED
SCORECARD 4 (EMPAT) PADA PT PLN PERSERO.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja PT PLN Persero yang diukur
menggunakan balanced scorecard 4 (empat) perspektif pada PT PLN Persero.
Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah “kinerja
perusahaan” sebagai variabel dependen serta “perspektif keuangan, perspektif
pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pertumbuhan dan
pembelajaran” sebagai variabel independen. Teknik penentuan sampel yang
digunakan dalam penelitian ini : untuk variabel perspektif keuangan menggunakan
data laporan keuangan periode 2013-2015, sedangkan untuk variabel perspektif
pelanggan dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran ditentukan dengan
menggunakan rumus slovin, maka diperoleh sampel dalam penelitian ini
berjumlah 30 pelanggan dan 30 karyawan, kemudian untuk variabel perspektif
proses bisnis internal menggunakan sampel jenuh yang berjumlah 15 responden.
Teknik pengolahan dan analisis data penelitian yang digunakan ialah dengan uji
validitas dan uji reliabilitas.
Hasil penelitian pada prespektif keuangan berdasarkan rasio-rasio keuangan,
menunjukkan hasil kinerja perusahaan yang sangat baik. Dari prespektif nonkeuangan,
perusahaan juga menunjukkan kinerja yang baik. Total Skor yang
diperoleh dengan menggunakan pendekatan balanced scorecard adalah 81%. Hal
ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan kinerja PT PLN Persero sangat baik.
|