PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE DAN
PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Pada Perusahaan
Property dan Real Estate di Indonesia).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage
dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan baik secara parsial maupun simultan.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksplanasi yaitu untuk
menjelaskan hubungan dan pengaruh anatara variabel bebas dan variabel terikat.
Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan property dan real estate yang
terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016 yang berjumlah 48
perusahaan. Teknik pemilihan sampel penelitian ini menggunakan purposive
sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan menggunakan kriteria tertentu.
Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan terdapat 22 perusahaan yang menjadi
sampel dalam penelitian ini dengan total pengamatan sebanyak 110 data. Teknik
pengolahan dan analisis data meliputi uji asumsi klasik, analisis regresi linier
berganda, uji hipotesis, analisis korelasi berganda, dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel Ukuran
Perusahaan, Leverage dan Profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap Nilai
Perusahaan. Secara parsial variabel Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas
berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan, sedangkan variabel Leverage
tidak berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan.
|