Abstrak  Kembali
PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI RICHEESE FACTORY KALIBATA JAKARTA SELATAN. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara Citra Merek dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli. Dalam penelitian ini digunakan metode survei. Variabel yang digunakan yaitu Citra Merek dan Kualitas Pelayanan sebagai variabel independen dan variabel Minat Beli sebagai variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini adalah Konsumen Richeese Factory Kalibata Jakarta Selatan, yang berjumlah 132 orang. Teknik pemilihan sampel dilakukan dengan sample sistematik, sehingga diperoleh sampel berjumlah 99 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan pengukurannya menggunakan skala likert. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, regresi linear berganda, uji asumsi klasik, dengan menggunakan uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi, pengujian hipotesis uji parsial (uji t), uji simultan (uji F), analisis koefisien korelasi parsial dan koefisien korelasi berganda. Hasil model regresi linear berganda yang diperoleh yaitu Ŷ = 4.219 + 0,253 X1 - 0,274 X2. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa residual berdistribusi normal, tidak terjadi multikolinearitas, tidak terjadi heteroskedastisitas, tidak terjadi autokorelasi sehingga dapat diinterprestasikan model regresi mempunyai sifat BLUE (Best Linear Unbiased Estimator). Hasil uji statistik t variabel yaitu Citra Merek (X1) menunjukkan thitung sebesar nilai t hitung (2.626) > nilai t tabel (2.6264), dan nilai signifikan (0.000) < nilai α (0.05) maka terdapat pengaruh positif signifikan antara Citra Merek terhadap Minat Beli. Selanjutnya nilai thitung variabel yaitu Kualitas Pelayanan (X2) menunjukkan nilai t tabel sebesar 2.6264. Sehingga nilai t hitung (4,799) < nilai t tabel (2.6462), dan nilai signifikan (0.018) < nilai α (0.05) maka Citra Merek memiliki pengaruh yang Positif dan signifikan terhadap Minat Beli Konsumen. Hasil uji F menunjukkan nilai F hitung sebesar 830.1053.09 > F tabel sebesar 3.09. Selain itu hasil dari nilai sig sebesar 0,000 < 0.05, maka dapat diinterpretasikan bahwa Citra Merek dan Kualitas Pelayanan berpengaruh secara bersama-sama (simultan) terhadap Minat Beli Konsumen. Berdasarkan dari hasil pengolahan data koefisien korelasi dan determinasi, sifat hubungan antara Citra Merek, Kualitas Pelayan, dan Minat Beli sedang sebesar 830.105 yang berada pada interval 0.40-0.599 dan nilai koefisien determinasi r2 = 0.165 artinya variabel independen Citra Merek dan Kualitas Pelayanan mampu menjelaskan variasi variabel dependen Minat Beli adalah sebesar 5,5% sedangkan sisanya sebesar 94,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian ini.